Rumah Dari Kontainer Tahan Gempa

Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), diguncang gempa bermagnitudo 7 yang terjadi pada Minggu (5/8/2018). Gempa berkekuatan besar tersebut berdampak pada bangunan dan penduduk lokal serta wisatawan yang sedang berada di sana. Korban pada umumnya akibat runtuhnya rumah .Salah satu penyebab besarnya kerusakan gempa Lombok adalah karena kondisi struktur bangunan yang tidak memenuhi standar aman gempa bumi.

 

Di negara-negara rawan gempa yang sudah sering mengalami gempa seperti Jepang , mungkin korban nya tidak akan begitu banyak apalagi korban yang di sebabkan tertimbun bangunan runtuh . Jepang sudah punya standar untuk bangunan tahan gempa seperti tempat tinggal dan gedung perkantoran .

 

Salah satu yang bisa di jadikan alternatif untuk tempat tinggal seperti rumah tahan gempa adalah kontainer, yang 10 tahun terakhir ini sedang naik daun dan sudah banyak di pergunakan untuk membangun rumah di beberapa negara . Alibaba sudah banyak menjual kontainer rumah yang sudah jadi .

Tren penggunaan kontainer untuk bangunan sudah lama muncul. Semula peti kemas atau kontainer digunakan sebagai tempat kerja sementara di proyek atau kerja lapangan.Kontainer juga mudah dibentuk sesuai kebutuhan. Namun dengan maraknya bangunan berbahan dasar kontainer, mulai timbul pertanyaan apakah peti kemas aman digunakan sebagai rumah tinggal. Dikutip dari kompas , Menurut Director of Marketing PT Nebil Wong Group atau RumahKontainers.com Nabil Yusuf, rumah atau bangunan berbahan kontainer aman sebagai hunian tempat tinggal.“Aman. Malah anti retak dan gempa. Untuk guncangan gempa lebih kuat, kalau bangunan tradisional kan retak dan roboh, kalau ini cuma bergoyang aja, bangunan juga lebih terjaga karena tidak retak,” kata Nabil

 

Berikut beberapa rumah yang terbuat dari kontainer :

Pemilik rumah kontainer juga tak perlu khawatir bangunannya akan bocor atau dimakan rayap. Bahkan jika dirawat dengan baik, kontainer bisa bertahan hingga 50 tahun.Menggunakan kontainer berarti membuat panas terhantar dengan baik. Pada siang hari yang terik, logam mudah menyerap panas matahari dan meningkatkan suhu ruangan.

 

Untuk itu, bangunan kontainer harus ditambah dengan insulasi untuk mengurangi efek tersebut . Gunakan glasswool
Baru dikasih pelapis gipsum, plywood, atau melamin sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dikasih wallpaper yang tinggal tempel, nyaman deh untuk di tinggal . Oh ya .. rumah kontainer juga mudah untuk dipindah-pindah lho .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *