JATUH CINTA PADA LABUAN BAJO

The Deck @Le Pirate Hotel Labuan Bajo

Labuan Bajo has become option of tourist destination that is currently trending in recent years . Ayana group tahun ini sudah membuka hotelnya di Labuan Bajo . Plataran group pun sudah lama mengoperasikan hotelnya di Labuan Bajo . Terlihat betapa menjanjikannya Labuan Bajo sebagai destinasi wisata Indonesia yang patut di perhitungkan di dunia internasional .

Destinasi wisata yang masih perlu di kembangkan

Labuan Bajo masih mejadi kota transit bagi banyak turis untuk pergi ke pulau komodo dan pulau-pulau sekitarnya atau melakukan aktifitas laut seperti snorkling dan diving . Accopation hotel di Labuan bajo nya sendiri rata-rata tamu hanya menginap 1 malam masimal 2 malam karena mereka akan melanjutkan tinggal di kapal ditengah laut . Berlama-lama menikmati kota pelabuhan di pesisir timur Indonesia ini mungkin agak boring .

Tugas pemda setempat untuk menggali kelebihan Labuan bajo dari kebudayaannya , adat istiadatnya , makanannya , dan bahkan menambah luas dan merata investor2 baru untuk membuat club untuk party atau bisnis lain seperti yang ada di Bali . Saat ini aktifitas kegiatan wisata hanya berpusat di sekitar jalan Soekarno-Hatta dan jalan sekitarnya mungkin tidak lebih dari 2 – 5 km saja . Padahal masih banyak tanah yang dapat di olah, kelebihan kultur tanah yang berbentuk bukit dan pemandangan langsung ke laut menjadi kelebihan yang bisa di explore yang Bali tidak punya .

BACA JUGA : TIPS JALAN-JALAN KE TOKYO

Seperti di awal Saya tulis , Walau sudah ada hotel bintang 5 di Labuan bajo , kurang lengkap rasanya kalau ke Labuan Bajo tidak merasakan gaya back packer PLUS. Tinggal di hotel-hotel bitang 3 -4 yang tersebar di sekitar jalan Soekrno -Hatta dan mengikuti tour ke pulau2 sekitar Labuan Bajo seperi pulau komodo, Pink beach dll . Why I tell back packer plus ? Karena selain menginap di hotel di labuan bajo juga para back packer plus biasa nya juga mencoba liveonboard , paket tinggal 3/4 malam di kapal di tengah laut yang harga per kabin nya untuk 3 malam per orang lumayan mahal kurang lebih Rp 3,8jt , per kabin[room di kapal] untuk 2 orang , Adapun paket menginap di salah satu island terkenal di bajo , Le PIrate Island yang harga paket room nya 1 malam 2 hari Rp 1,8jt untuk max 2 oarng termasuk makan 3x sehari , snack time dan free pemakaian alat2 aktifitas pantai seperti snorkling , diving dll . Bila idak mau meginap mereka bisa ambil paclet day trip yang harganya di bandrol Rp 650rb/orang pergi jam 10 pagi dari dermaga dan kembali jam 16.30 dari Le Pirate Island.

Ticket Jakarta-Bajo Mahal !

Ticket Jakarta – Labuan Bajo yag masih mahal menjadi hal utama yang menghambat pertumbuhan kedepannya pariwisata di Labuan Bajo . Turis lokal bisa sangat membantu menggerakkan Industri pariwisata pulau ini . Turis Indonesia terutama warga Jakarta dan sekitarnya adalah turis domestik yang sangat royal . Dan belum banyaknya pererbangan ke Bajo dari beberapa kota besar di Indonesia selain Jakarta, Surabaya, Denpasar ,Mataram dan Makasar. Otomatis masukya wisatawan lokal atau mancanegara banyaknya melalui Bali . Sampai kapan Labuan Bajo akan menajdai kota transit saja ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *