3 Hal Yang harus Di Pahami Pada Media Sosial Sebelum Mulai Bisnis

Media sosial mana yang terbaik untuk bisnis Anda? Bagaimana Anda merangkum pemasaran dalam satu baris? Pemasaran adalah cara untuk memberi tahu pelanggan bahwa Anda memiliki produk atau layanan yang mereka cari.

Hari ini, Anda akan menemukan lebih dari 4 miliar orang aktif di internet, dengan lebih banyak pendataan setiap menit. Dengan begitu banyak orang yang online, ada kebangkitan pemasaran di mana bisnis mengambil upaya pemasaran mereka ke web, di mana mereka dapat dengan mudah menghubungi miliaran pelanggan potensial ini.

Di antara upaya pemasaran digital, pemasaran email adalah salah satu metode pemasaran online yang paling populer. Demikian pula, pemasaran media sosial semakin populer, menyedot orang untuk menghabiskan berjam-jam online.
Dengan orang-orang menghabiskan lebih dari 135 menit dalam sehari di platform media sosial ini, masuk akal untuk menjangkau konsumen di seluruh tempat ini. Namun, dengan begitu banyak platform media sosial yang dapat Anda pilih, outlet media sosial mana yang harus digunakan bisnis Anda?

 

Mari kita lihat beberapa saluran media sosial favorit kami dan diskusikan lima cara untuk menentukan media sosial mana yang terbaik untuk bisnis Anda.

Saluran Media Sosial Populer
Selain pada itu ketika Anda berpikir tentang media sosial, nama pertama yang selalu muncul di benak Anda adalah Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Pinterest, Google+, dan Snapchat. Masing-masing saluran memiliki target pemirsa sendiri, atribut unik, dan tujuan khusus yang bergabung untuk memberi dampak pada pelanggan. Anda harus selalu menyadari aspek-aspek ini sebelum Anda memilih saluran media sosial tertentu untuk upaya pemasaran Anda.

3 Hal Utama Yang Harus Dipahami

1. Tujuan

2. Info Unik

3. Target

Facebook

Tujuan: Facebook adalah platform media sosial yang sangat baik untuk membangun loyalitas dan reputasi di antara komunitas Anda.
Info unik:
Facebook memiliki jangkauan yang luar biasa karena tingkat popularitasnya yang tinggi. Rata-rata, lebih dari 1,47 miliar orang masuk ke Facebook setiap hari.

Karena semakin banyak orang mengakses Facebook, Anda mendapatkan pemirsa yang lebih luas dan lebih luas untuk beriklan untuk mengarahkan bisnis ke situs Anda. Ada berbagai jenis iklan Facebook seperti Iklan Domain, Iklan Multi-Produk, Iklan Penawaran, Iklan Video, Iklan Dinamis, dan sebagainya yang dapat Anda pilih.
Berbagi kisah pribadi dan informasi terperinci adalah kekuatan yang melekat dari Facebook. Banyak orang masuk untuk berbagi kisah dari kehidupan mereka sendiri dengan komunitas mereka, yang berarti ini adalah tempat yang tepat bagi mereka untuk menyebarkan berita ketika mereka memiliki pengalaman positif dengan bisnis Anda.

Facebook adalah saluran media sosial yang sangat interaktif tempat Anda mendapatkan umpan balik cepat tentang kualitas produk atau layanan Anda, berkat ulasan dan fitur perpesanannya.
Target pengguna: Biasanya kelompok umur 24 hingga 45 tahun adalah kelompok paling aktif di Facebook.

Twittter

Tujuan: Twitter adalah saluran yang sangat populer untuk berbagi berita dan pembaruan. Karena Anda memiliki batasan 280 karakter di tweet Anda, Twitter adalah media yang sempurna untuk membuat pengumuman singkat.
Info unik:
Twitter adalah saluran terbaik untuk orang yang mencari informasi cepat dan dapat diandalkan tentang produk / berita apa pun, karena pos-pos pendek dan bagian trennya, yang memungkinkan pengguna untuk melihat berita populer.
Dimungkinkan untuk mendapatkan tanggapan langsung di Twitter karena basis pelanggannya yang sangat interaktif.

Bisnis dapat menggunakan Twitter untuk aktivitas PR mereka, berbeda dengan facebook karena mereka dapat membuat pengumuman singkat mengenai rilis produk atau layanan baru.

Komunikasi Hashtag menjadikan Twitter salah satu cara termudah untuk berbagi berita dan informasi dengan pelanggan Anda.
Target pengguna: Twitter memiliki basis pelanggan dalam kelompok usia 18 hingga 30 tahun.

LinkedIn

Tujuan: LinkedIn adalah platform media sosial formal untuk para profesional dan sangat baik untuk membangun hubungan yang bermakna. Oleh karena itu, sangat bagus untuk pemasaran B2B.
Info unik:
Sangat mudah untuk ditargetkan oleh industri menggunakan kata kunci dan judul pekerjaan. Ini berarti Anda dapat menerima pesan Anda di depan orang yang tepat di perusahaan yang tepat.
LinkedIn, dengan basis pelanggannya yang tinggi (149 juta pengguna di AS saja), adalah saluran yang sangat baik untuk berkomunikasi dengan audiens target Anda.

Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan adalah pilar penting dari bisnis apa pun. LinkedIn membangun kepercayaan diri karena mempromosikan kompetensi. Ini adalah situs web jaringan profesional terutama yang membantu Anda untuk berhubungan dengan kolega masa lalu Anda dan klien potensial, membantu Anda membangun jaringan resmi Anda. Banyak orang menggunakan LinkedIn untuk mencari pekerjaan dan rekrutmen.

Sebagai platform media sosial profesional hingga inti, LinkedIn memungkinkan Anda menjangkau kategori pelanggan yang tepat, terutama jika Anda sebagian besar adalah pemasar B2B.
Target pengguna: Anda dapat menemukan pelanggan dalam kelompok usia 22 hingga 55 tahun yang sangat aktif di LinkedIn.

Instagram

Tujuan: Instagram memungkinkan Anda untuk berbagi video dan gambar. Oleh karena itu, ini adalah platform media sosial terbaik untuk pemasaran merek. Gambar dan gambar selalu dapat menjelaskan hal-hal lebih baik daripada kata-kata. Di Instagram, orang dapat melihat demonstrasi langsung dari produk, sehingga memengaruhi keputusan mereka untuk membeli.

Info unik:
Anda dapat menggunakan filter khusus dan gaya video untuk memberi dampak pada pelanggan Anda dan membuat gaya unik untuk merek Anda. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengenal Anda di tingkat yang lebih pribadi daripada platform seperti LinkedIn, yang hanya untuk bisnis.

Instagram memungkinkan Anda untuk mengadopsi pendekatan main-main sambil menyampaikan pesan pada saat yang sama. Ini adalah tempat untuk bersenang-senang dengan warna, pilihan kata, dan bahkan emoji!

Anda dapat dengan mudah menggunakan tagar Instagram untuk berinteraksi dengan komunitas Anda – dan anggota potensial komunitas Anda. Cukup cari tagar yang terkait dengan bisnis Anda dan Anda akan dapat berkomentar dan terlibat langsung dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan yang dilayani bisnis Anda.
Target pengguna: Instagram sangat populer di kelompok usia 18 hingga 40 tahun.

Pinterest

Tujuan: Periklanan adalah tentang memamerkan produk Anda agar dipahami oleh konsumen potensial – dan, semoga, bagi mereka untuk menginginkannya. Pinterest adalah platform media online yang memungkinkan pengguna menemukan hal-hal yang menginspirasi mereka dan berbicara dengan gaya hidup mereka. Saat pengguna menemukan sesuatu yang mereka sukai, mereka menempelkannya di papan, membuat kolase gambar dari visual tersebut. Papan ini dibagikan dengan pengikut dan teman mereka, menjadikannya tempat yang luar biasa untuk me-root produk Anda melalui pemasaran yang cerdas!
Info unik:
Pinterest memiliki lebih dari 175 juta pengguna aktif bulanan, memberi Anda banyak peluang untuk menarik perhatian calon pelanggan. Dengan membuat tampilan yang indah dan menarik, Anda dapat menghasilkan lebih banyak prospek dan lalu lintas untuk situs Anda.
Mempromosikan produk Anda secara visual dimungkinkan di Pinterest. Anda dapat melakukan ini dengan menambahkan logo ke situs web Anda sehingga konsumen dapat mengunjungi Anda melaluinya. Dengan memilih ukuran gambar yang tepat dan mengikuti praktik gambar terbaik, Anda dapat membuat pin Anda diperhatikan sehingga meningkatkan visibilitas Anda.

Pinterest adalah platform media sosial yang sangat interaktif yang memberi Anda kesempatan untuk memasukkan opsi CTA bagi calon pembeli untuk mengklik. Pemirsa Pinterest sebagian besar adalah wanita (sekitar 81%), menjadikannya platform media sosial yang sangat baik untuk digunakan jika konsumen ideal Anda adalah wanita.

Target pengguna: Pinterest memiliki audiens interaktif, terutama di kelompok usia 18 hingga 35 tahun.

 

Identifikasi audiens target Anda

Pertimbangkan contoh ini … Bagian manakah dari populasi yang menurut Anda paling sering menggunakan kartu kredit? Ya, Anda sudah menebaknya dengan benar. Generasi muda lebih suka menggunakan kartu kredit. Dengan demikian, jauh lebih mudah untuk menjual kartu kredit kepada seseorang dalam kelompok usia 21 hingga 30 tahun dibandingkan dengan seseorang yang berusia akhir lima puluhan.
Demikian pula, Anda tidak dapat menjual pakaian musim dingin kepada orang-orang yang tinggal di tempat-tempat yang suhunya jarang turun di bawah 68 derajat Fahrenheit. Maksudnya adalah Anda harus mengidentifikasi target audiens Anda dengan benar. Hanya saat itulah Anda dapat membuat dampak yang kuat – dan penjualan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *